Rabu, 27 November 2019

FN Minimi

FN Minimi
 

 
Minimi MK1
Mini-mitrailleuse, senapan mesin mini  biasa disingkat dengan FN Minimi adalah senapan mesin regu dengan kaliber 5.56 mm.  Dengan kaliber yang “kecil” tersebut menjadikan senapan mesin ini memiliki daya tolak yang kecil, ringan, dan mampu menghasilkan cylic rate tinggi. 

Mini-mitrailleuse / Minimi didesain oleh Maurice Bourlet seorang ahli senjata yang berasal dari perusahaan senjata Belgia Fabrique Nationale de Herstal (FN) yang memiliki keinginan untuk mengembangkan senapan mesin ringan. FN Minimi sendiri akhirnya lahir menjadi  Squad Automatic Weapon (SAW) atau senapan mesin Regu (SMR) yang bisa dioperasikan oleh satu orang.  Berbeda dengan senapan mesin yang sudah ada, senapan ini tidak memerlukan personel tambahan untuk menjaga sabuk peluru, sehingga bisa ditembakkan dari posisi bahu seperti layaknya senapan serbu.  

Secara umum, senapan ini didesain dengan bolt terbuka dan sistem operasi gas. Dengan blowback recoil yang selaras dengan tabung gas menjadikan senjata ini bisa difungsikan sebagai senapan serbu atau senapan mesin. Jika ditembakkan dalam mode rentetan pendek, laras Minimi mampu melontarkan 100 proyektil per menit, sedangkan dalam rentetan panjang tanpa henti, senjata ini mambu menyempurkan 850 proyektil dalam 1 menit.

Minimi memiliki laras berat dengan sistem Quick Change Barrel yang  yang dibuat dengan material baja pilihan tahan panas. Salah satu keungguln dari senjata ini adalah larasnya yang bisa diganti dengan mudah tanpa menggunakan alat bantu. Hanya dengan membuka kunci laras dan menarik laras dengan bantuan carry handle, kemudian laras baru bisa dimasukkan tanpa perlu khawatir tangan melepuh akibat suhu laras yang panas.
FN Minimi

Pengisian pelurunya menggunakan sistem dual feed purpose, yaitu sistem pengisian yang dapat mengusung dual input sistem pasokan amunisi. Yang pertama, pasokan amunisi berasal dari sabuk peluru,  boks magasen yang berisi 200 peluru atau kantong kain yang berisi 100 peluru . Untuk memasok peluru yang banyak, digunakan sabuk peluru, bukan magasen drum yang dinilai tidak praktis.  Agar gerakan sabuk peluru halus (tidak usah direntangkan horizontal supaya tidak merusak mulut magasen), mulut magasen  didesain seperti senapan serbu. Apabila menggunakan boks magasin 200 peluru, bisa digunakan preloaded pabrikan  sehingga operator tidak perlu susah-susah mengatur susunan peluru dalam boks. Jika habis tinggal buang dan pasang yang baru atau dibongkar untuk diisi ulang. Input amunisi yang kedua bisa menggunakan magasin 30 peluru milik senapan serbu standar M16 atau SS-1 yang bisa langsung dipasang di Minimi tanpa perlu modifikasi. Dengan kemudahan menggunakan banyak jenis amunisi, menjadikan senapan ini banyak dilirik untuk digunakan. 

Sistem pembidik yang digunakan FN Minimi  sama seperti yang digunakan dalam FN MAG dan FN FAL yaitu penjera drum dengan pisir bentuk daun yang bisa digunakan untuk jarak 100 m sampai 500 m. 

Untuk dudukan, FN Minimi menggunakan Bipod yang bisa di setel dalam tiga ketinggian dan dapat beroperasi di medan yang miring. Untuk menurunkan bipod dari posisinya, pengguna Minimi  tinggal menarik turun bipod dari penjepit sembari menahannya sampai turun ke bawah baru kemudian dilepas supaya mengembang.  Saat kondisi tanah tidak rata dan miring, maka poros bipod dapat dimiringkan baik ke kiri dan ke kanan sehingga posisi senapan bisa tegak lurus dengan tanah. Apabila menggunakan bipod, unit ini dapat membidik obyek yang berjarak  600 meter dengan tingkat akurasi di atas 95%.

Spesifikasi Umum FN Minimi :
Kaliber                   : 5.56x45mm NATO
Berat                      : 7.1 kg
Panjang                  : 1040 mm
Barrel length          : 465 mm
Rate of fire, cyclic : 750 - 1000 putaran per menit

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Support