Rabu, 05 Agustus 2020

SS2-V5 A1, Senapan Modern untuk Pertempuran Kota

SS2-V5 A1
Senapan Modern untuk Pertempuran Kota



SS2-V5 A1 Pindad
Sebagaimana diketahui, senapan varian SS2-V5 A1 sebenarnya adalah bagian dari senapan SS2 produksi Pindad yang digunakan oleh Tentara Nasional Republik Indonesia selama bertahun-tahun. Senapan ini menjadi salah satu sejarah perjuangan patriot Indonesia dalam menyelesaikan berbagai tugasnya sebagai bagian dari pengamanan NKRI. Senapan SS2-V5 A1 berbeda dengan varian SS2 lainnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari berbagai fitur yang disematkan pada senapan tersebut. 

Salah satu contoh perbedaanya yaitu SS2-V5 A1 memiliki laras yang lebih pendek dibandingkan varian lainnya. Pemangkasan panjang laras ini dilakukan sebagai penyempurnaan agar efektifitas balistik pada jarak yang lebih pendek seperti dalam pertempuran kota lebih bisa diandalkan. Selain itu, pemangkasan panjang laras senapan ini memungkinkan mobilitas yang lebih mudah dalam mengoperasikan senjata ini, yang membuat kemudahan dalam bergerak di dalam ruang yang sempit seperti dalam ruangan atau pun di dalam kendaraan.

Selain perbedaan yang terdapat pada panjang laras, menjadikan SS2-V5 A1 memiliki keunggulan pada kelengkapan yang lain  seperti picatiny rail pada 4 sisi senjata yang dapat digunakan sebagai adaptor untuk memasang berbagai aksesoris senjata seperti teleskop, laser, senter, front grip, dan lain sebagainya. Selain itu, SS2-V5 A1 dilengkapi dengan furnitur berbahan polymer sebagaimana terdapat pada senjata jenis pistol grip serta popor, yang dapat memangkas bobot total senjata. Furnitur polymer ini juga didesain untuk dapat meningkatkan aspek ergonomi bagi penggunanya.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh SS2-V5 A1 yaitu pada keunggulan material, presisi dan akurasinya. Aluminium yang menjadi bahan dasar body SS2 menjadikan senjata ini lebih resistan terhadap karat dibandingkan dengan senjata-senjata lainnya yang berbahan besi baja. Dengan kelebihan tersebut, SS2 dapat digunakan untuk operasi yang dilakukan di darat, di laut, dan di udara. Selain itu, komponen-komponen pada senjata SS2 dibuat dengan presisi tinggi karena pembuatannya menggunakan mesin-mesin termoderen dan diawasi secara ketat oleh para ahli sehingga mekanisme kerja lebih sempurna dan dapat  menghasilkan akurasi tembak yang lebih mumpuni.

Spesifikasi SS2-V5 A1
Kaliber                           : 5,56 x 45 mm
Berat  
        Magasen Kosong   :  3,35 kg
        Magasen Penuh     :  3,71
Kapasitas Magasen        : 30 butir
Panjang 
       Popor terlentang     : 745-810 / 540 mm
       Popor terlipat          :  540 mm
Laras 
      Panjang                    : 255 mm
      Rifling                      : 6 grooves, RH 177,8 (7”) twist
Alat Bidik                      : Flip Up mechanical sight
                                         Optical Sight
Kecepatan Tembakan 
        Cylic                                     : 720-760 butir/menit
        Efektif Tembakan otomatis  : 120-200 rpm
        Efektif Tembakan satuan      : 60 rpm
Jarak Tembak efektif                     : 200 m 

Share:

1 komentar:

  1. mantaps. Indonesia punya. Semoga Alutsista buatan negara kita berjaya di seluruh dunia

    BalasHapus

Support