Selasa, 21 Januari 2020

Singapura Borong Jet Tempur Siluman F-35B

Singapura Borong Jet Tempur Siluman F-35B 
untuk Meningkatkan Pertahanannya



Jet Tempur F-35
Kemampuan pertahanan keamanan negara tetangga kita, Singapura akan semakin meningkat seiring dengan rencana negara tersebut untuk membeli satu skadron jet tempur siluman F-35B dari Amerika Serikat. Apabila keinginan itu bisa terlaksana, maka posisi Singapura setara dengan Ingggris, Australia, Israel, Polandia, Uni Emirat Arab, Finlandia, Swiss, Korea Selatan dan sejumlah sekutu dekat AS lainnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat  sudah menyatakan persetujuannya untuk menjual pesawat tersebut ke salah satu negara mitranya di Asia Tenggara itu.  Usulan penjualan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat.
“Singapura adalah sahabat utama dan strategis dalam bidang keamanan dan menjadi kekuatan penting bagi stabilitas politik dan perkembangan ekonomi di kawasan Asia Pasifik," demikian isi pernyataan Badan Kerja Sama Pertahanan dan Keamanan (DSCA) AS. Menurut rilis pers DSCA tertanggal Kamis (9/1/2020), keputusan untuk menjual belasan pesawat canggih generasi kelima Amerika itu masih menunggu persetujuan Kongres.  Pada debat Komite Pasokan pada bulan Maret, Kementerian Pertahanan akan mengeluarkan Surat Permintaan kepada AS mengenai pembelian tersebut.  

Keinginan negara yang berada di antara Indonesia dan Malaysia tersebut untuk memborong F-35 sebenarnya sudah disampaikan sejak awal tahun 2019. Dimana saat itu Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen mengatakan bahwa pesawat siluman generasi ke 5 tersebut cocok untuk menggantikan armada pesawat F-16 yang dianggap sudah uzur.

Secara resmi, Singapura sudah mengajukan permintaan kepada Amerika untuk membeli empat jet tempur F-35B pada tahap awal untuk uji coba, dan delapan unit tambahan untuk tahap selanjutnya dengan nilai kontrak pembelian sebesar US$2,75 miliar (sekitar Rp37,5 triliun). Untuk harga per unit,   F-35 B dibanderol sekitar US$122 juta. Nilai tersebut akan membengkak apabila ditambah dengan perlengkapan-perlengkapan tertentu, yang perinciannya hanya diketahui pabrikan dan pemesan dengan alasan rahasia.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Support