Rabu, 06 Mei 2020

SU-57 Rusia Terobos 6 Pangkalan Militer AS Tanpa terdeteksi

SU-57 Rusia Terobos 6 Pangkalan Militer AS Tanpa terdeteksi


SU-57 Rusia
Dunia militer dihebohkan dengan adanya berita yang menyebutkan bahwa jet tempur siluman Sukhoi Su-57 milik militer Rusia berhasil melintasi pangkalan militer Amerika Serikat tanpa terdeteksi sedikitpun. Bukan hanya 1 pangkalan, tapi 6 pangkalan militer milik AS yang berhasil dilewati oleh pesawat kebanggaan Rusia tersebut tanpa menyadarinya. 

Adalah sebuah media Rusia, Avia.Pro yang melaporkan peristiwa ini. Dalam laporannya pada Minggu (3/5/2020), dinyatakan bahwa pesawat tempur Su-57 Rusia berhasil melewati pangkalan udara militer Amerika di Irak utara tanpa diketahui. Kejadian itu terjadi selama penampilan terakhir sebuah jet tempur generasi kelima Rusia tersebut di Suriah.

Menurut beberapa sumber militer yang dikutip media tersebut, peristiwa ini berawal ketika pihak Rusia meminta izin kepada militer Turki agar pesawatnya, SU-57 diberi akses untuk melewati jalur udara negara tersebut ketika akan menuju ke pangkalan udara Khmeimim. Akan tetapi, dengan berbagai pertimbangan pihak militer Turki tidak memberikan izin bagi militer Rusia untuk melintas di wilayah langit mereka.

Dengan terpaksa, akhirnya SU-57 Rusia harus melewati wilayah udara Suriah dan Irak demi menunjang pergerakannya tersebut. Dengan konsekwensi pesawat itu harus melintasi pangkalan militer AS yang berada di kedua negara yang sedang dilanda konflik militer tersebut. 

“Pesawat tempur Su-57 Rusia akhirnya berhasil melewati pangkalan udara militer Amerika di Irak utara tanpa diketahui. Insiden itu terjadi selama penampilan terakhir seorang pejuang Rusia generasi kelima di Suriah. Pesawat tempur Rusia mengikuti jalurnya sendiri, dan tidak diangkut dengan pesawat An-124," kata sumber itu.

Sebelumnya, seorang pengamat militer Rusia mengatakan bahwa selama ini Amerika Serikat selalu melecehkan jet siluman Rusia itu. Mereka selalu mengolok-olok bahwa jet siluman Rusia tidak akan bisa melewati wilayah kekuasaan Amerika tanpa terdeteksi. Dengan kondisi saat ini, pengamat militer itu menyebut Sukhoi Su-57 telah berhasil menjawab pelecehan yang dilakukan oleh orang-orang Amerika

Sampai saat ini, militer Moskow dan Washington belum berkomentar atas laporan dari salah satu media berpengaruh tersebut. Akan tetapi, banyak pihak yang meyakini kebenaran berita ini, karena pesawat siluman itu memang kerap beroperasi di Suriah tanpa dikonfirmasi secara resmi oleh pihak militer Rusia.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Support