Kamis, 02 April 2020

MAS-38 : Pistol Mitraliur Produksi Perancis

MAS-38 :  Mitraliur Produksi Perancis




MAS-38
 Manufacture d’armes de saint-Etienne-38 atau yang biasa disebut dengan MAS-38 merupakan senapan mitraliur standar dari Perancis yang digunakan oleh tentara Perancis dan Jerman pada Perang Dunia II. Pada awalnya, pistol ini dibuat sebagai standar Gendarmes Mobile (Garda Republik). MAS-38 memiliki kualitas yang lebih baik dibanding mitraliur lainnya pada jaman itu, seperti PPSh-41 atau Sten yang lebih mengedepankan kecepatan produksi.

Receiver MAS-38 dibuat dari blok baja monolitik dengan bentuk sepintas terlihat miring. Ini disebabkan karena keberadaan tabung rekoil di popor dibuat miring untuk membuat dimensi MAS-38 kompak. Larasnya tetap lurus 180 derajat, hanya saja alur tempat bergerak bolt memang dimiringkan 15 derajat, untuk meredam efek rekoil. Sebagai konsekuensinya, muka bolt tentu saja tidak datar, tetapi dibentuk sedemikian rupa agar menutup kamar peluru secara tegak lurus.

MAS-38Sebagaimana senapan produksi Perancis lainnya, MAS-38 memiliki fitur-fitur unik seperti pengunci yang diaktifkan dengan mendorong pelatuk ke depan, serta penutup lubang magasen yang aktif secara otomatis saat magazen dilepas. MAS-38 menjadi senjata standar pemerintahan Perancis Vichy yang menjadi boneka Nazi Jerman. Salah satu ketelibatannya yang fenomenal adalah saat MAS-38 digunakan untuk mengeksekusi diktator fasis Benito Mussolini.


MAS-38
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Support