Selasa, 28 April 2020

Omega Frigate

Omega Frigate


Omega Frigate



Omega Frigate, kapal yang memiliki bobot 6.000 ton ini merupakan produksi galangan kapal Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) Belanda. Desain frigate Omega didasarkan pada kapal frigate battle proven De Zeven Provincien Class yang memiliki hybrid propulsion system yang terdiri dari mesin diesel 4× (dua dapat digunakan untuk kecepatan ekonomi dan empat untuk kecepatan maksimum) ditambah 2× mesin listrik. Kapal perang siluman super canggih ini memiliki mesin diesel dipisahkan ke depan dan buritan untuk meningkatkan survivability.


Frigate Omega memiliki dua multi mission bays yang besar, satu dibagian tengah dan satunya lagi di buritan. Seperti halnya tren pada frigate generasi terbaru (Tipe 26 dan Belharra Class), midship multimission bay digunakan untuk memuat dan memindahkan kontainer atau meluncurkan RHIB / USV. Multi mission bay memiliki ukuran cukup besar untuk menampung kontainer hingga 4×20 kaki. Dan kapal memiliki ruang tambahan di dek atas di samping peluncur rudal untuk 2× kontainer tambahan.

Sistem Radar Omega Frigate

Sistem radar frigate Omega merupakan sistem radar generasi terbaru dari Thales S/X suite yang terdiri dari SeaMaster 400 fixed panel S-band radar dan APAR Block II X-band multi-function radar, keduanya menggunakan teknologi gallium nitride. Dilengkapi dengan panel S-band, radar ini mampu mendeteksi dengan cukup baik drone udara atau permukaan, amunisi yang dipandu dengan presisi, atau rudal yang biasanya menyerang tepat di atas permukaan laut (sea skimming). Thales SeaMaster 400 memberikan jangkauan deteksi sejauh 450km sementara APAR Block 2 dapat menggantikan iluminator untuk secara langsung memberikan panduan pada rudal ESSM dan SM-2.

Senjata dan Sensor Omega Frigate
frigate Omega dilengkapi dengan senjata utama Leonardo 127mm, meriam sekunder Leonardo 76mm di atas hanggar helikopter, Rheinmetall Millenium CIWS, 2× Leonardo Hitrole remote weapon stations, 8× Kongsberg NSM anti-ship missiles, 4× Rheinmetall MASS decoy launchers, Thales Kingklip hull mounted sonar dan Captas-4 variable depth sonar, 4× satellite link antennas dan 2× Thales Mirador EO systems. Untuk pertahanan udaran, dalam model skala menunjukkan 24× VLS cells (sepertinya VL MICA NG untuk Indonesia atau ESSM Block 2 untuk Belanda dan Belgia).

Spesifikasi awal Omega Frigate / FFI :
- Panjang: 144 meter
- Lebar: 18.8 meter
- Displacement: 6.100 ton
- Max. speed: 29 knot
- Range: 5,000 nautical miles @ 18 knot
- Endurance: 30 hari di laut
- Stabilisation: Rudder roll (similar to LCF)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Support