Jumat, 20 September 2019

BA-6 Armored Car

BA-6 Armored Car 


BA-6 Armored Car Uni Sovyet
Salah satu senjata berat yang menjadi andalan Uni Soviet dalam Perang Dunia II adalah Panser BA-6. Panser beroda enam  ini dibuat dengan menggunakan rangka truk GAZ-AAA. Mulai dikembangkan pada tahun 1935, sekitar 742 unit BA-6 berhasil dibuat sampai akhir tahun 1930-an.

BA-6 memiliki berat sekitar 5,1 ton dan diawaki empat orang. Panser ini menggunakan mesin bensin GAZ-A berkekuatan 40 tenaga kuda. Memiliki kecepatan maksimum 43 km/jam dengan jarak tempuh 200 km. BA-6 dipasangi turret yang sama dengan tank ringan T-26. Dipersenjatai sepucuk meriam 20-K kaliber 45mm dengan 60 butir amunisi. Sebagai senjata tambahan, ada dua pucuk senapan mesin DT kaliber 7,62mm.

BA-6 Armored CarPanser ini digunakan pertama kali dalam Perang Saudara Spanyol. Dalam Perang Dunia II, Rusia menggunakan panser ini dalam operasi militer di Finlandia. Panser ini banyak ditempatkan di perbatasan dengan wilayah Cina yang dikuasai Jepang dan juga dilibatkan dalam masa-masa awal Perang Dunia II di front Rusia. BA-6 masih digunakna di garis depan sampai akhir taun 1942.
Selain Rusia, pasukan Jerman dan Finlandia juga menggunakan panser ini yang tentu saja merupakan rampasan dari pasukan Rusia dan banyak digunakan oleh pasukan Jerman untuk operasi anti partisan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Support